SELAMAT DATANG DI BLOG MEANNO SEMOGA INFORMASI YANG ADA BERMANFAAT BAGI REKAN-REKAN ---- HARAP DIBERI KOMENTAR DAN MASUKAN BESERTA MENGISI BUKU TAMU ---- TERIMA KASIH

Sabtu, 31 Maret 2012

Sholat Istikharah

Sholat Istkharah 

Pasti sudah sering mendengar yach apa itu sholat istikharah, apalagi saya sekarang sering sekali mendengarnya, karena beberapa orang dari sahabat saya sedang pusing menentukan tambatan hatinya dari beberapa orang yang sekarang dekat dengannya, (subhanallah sungguh beruntungnya mereka...heee).

Jujur saja terakhir kali saya melakukan istikharah pas SMA, sudah lama sekali, sehingga sekarang saya juga sudah lupa apa niat dan bacaan dalam sholatnya,.. nah mumpung lagi ngeblog saya tulis sedikit, semoga bermanfaat buat teman-teman terkhusus yang sedang galau dan binggung untuk memutuskan keputusan penting dalam hidupnya.

Shalat Istikharah 
adalah shalat sunnat yang dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah swt dalam menentukan pilihan yang paling baik diantara dua perkara atau lebih guna menghilangkan keragu-raguan / kegundahan dalam hati agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Karena terkadang apa yang terlihat oleh manusia itu baik tetapi menurut pandangan Allah buruk, sebaliknya menurut pandangan manusia buruk tetapi sesunguhnya menurut Allah baik. Hanya Allah yang maha tahu dan yang menentukan segala urusan manusia.

Contohnya dalam beberapa perkara dibawah ini nih:
1. Memilih salah satu diantara dua pekerjaan yang sama-sama bagus dan kita sama-sama bisa mengerjakannya.
2. Memilih salah satu di antara 2 orang yang sama-sama baik dan kita cintai.

Hukum Shalat Istikharah adalah sunnat Mu’akkad, yaitu : sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, di kala kita sangat membutuhkan petunjuk atau hidayah dari Allah SWT untuk menentukan pilihan yang paling baik.

Sebagaimana yang diterangkan di dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
Tidak akan kecewa orang yang mau (mengerjakan shalat) Istikharah, dan tidak akan menyesal orang yang suka bermusyawarah serta tidak akan melarat orang yang suka berhemat (sederhana). (HR.Imam Thabrani)


Nah bagaimana cara mengerjakannya ?
Shalat sunnat Istikharah dikerjakan dengan dua rakaat, untuk waktunya tidak ditentukan sehingga kapan saja kita galau dan ragu kita bisa melakukan shalat ini.  Namun yang lebih utama dikerjakan pada malam hari sebagaimana shalat Tahajjud, yaitu pada sepertiga malam yang terakhir.

Adapun tata caranya

1. Niat shalat isthikarah

Ushalli sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aalaa”. Allahu Akbar.

Artinya : Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala. ALLAHU AKBAR.

2. Takbiratul Ihram (Baca ALLAHU AKBAR).

3. Membaca Al-Fatihah dan ayat kursi dirakaat pertama. dan dirakaat kedua membaca al-fatihah dan surat al-ikhlas.
4. Sesudah sholat, salam.  Sebelum berpindah tempat lakukan sujud sekali serta baca doa (dengan menyampaikan hajat yang kita ingin segera menentukannya) 

Setelah selesai mengerjakan shalat  Istikharah hendaknya memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, dengan memperbanyak membaca istighfar, shalawat atas Nabi Muhammad SAW, tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir, agar secepat mungkin mendapat petunjuk dan hidayah dari ALLAH SWT tentang apa yang sedang kita hadapi, baru kemudian kita tutup dengan membaca do’a sebagai berikut :
“ Bismillahir rahmaanir rahiim. Alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiin. Wash shalaatu was sallamu ‘alaa asrafil mur saliina sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shah bihii ajma’iin. Allahumma innii astakhiruuka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhiimi fa-innaka taqdiru walaa aqdiru wa ta’lamu wa-laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuubi. Allahumma in-kunta ta’lamu anna haadzal amra 


Khairun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdirhu lii wa yassir hu lii tsumma baarik lii fiihi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amri fashrifhu ‘annu fashrifnii ‘anhu waqdirliyal khaira haitsu kaana tsumma ardhinii bihi”.

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Mudah-mudahan shalawat dan salam tetap terlimpahkan atas semulia-mulianya utusan, (yaitu) junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabat beliau semuanya. Wahai Tuhanku, Aku memohon pilihan kepada-Mu mana yang baik menurut pengetahuan-Mu, Aku mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak memiliki kekuasaan, dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui serta Engkau adalah Dzat Yang Maha Mengetahui segala perkara yang ghaib. Wahai Tuhanku, apabila Engkau ketahui bahwa perkara ini (sebutkan perkara yang dimaksud) baik bagiku, dalam agamaku, untuk penghidupanku, dan baik akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku, kemudian berilah berkah kebaikan untukku. Dan apabila Engkau ketahui bahwa sesungguhnya perkara ini jelek bagiku, dalam agamaku, untuk penghidupanku dan jelek akibatnya, maka jauhkahnlah aku daripadanya dan tetapkanlah yang baik untukku dimana saja berada, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya”.

Nah demikian tatacara mengerjakan shalat istikharah yach,.. jadi tahap yang perlu dilakukan pertama jika kita mengalami keragu-raguan dalam menghadapi suatu masalah adalah
1. Mantapkanlah dulu hati kita pada satu perkara diantara yang banyak tersebut.

2. Lakukanlah shalat 2 rakaat yaitu shalat istikharah ini dengan memohon pertolongan Allah.

3. Tetap bersabarlah dalam mengerjakannya dan menunggu petunjuk Allah.

Nah disini bersumber dari Ustad Ariz Munandar M.A dikatakan bahwa Allah akan memberikan petunjuknya seperti ini :
Kalau kita telah memantapkan hati dengan hal A maka jika Allah redho maka akan dilancarkan segala urusan kita dengan A, namun bila Allah tidak redho atau tidak terbaik untuk kita maka akan ada saja halangan yang akan diperlihatkan oleh Allah swt untuk kita dalam urusan dengan A. Petunjuk lainnya juga bisa kita dapatkan melalui mimpi, tapi tentunya sebelum tidur tidak lupa membaca doa, agar diyakini betul bahwa mimpi itu berasal dari petunjuk Allah bukan dari syaitan.

Selain untuk mendapatkan petunjuk dari sang pencipta untuk menghilangkan rasa keragu-raguan dan kegalauan, tentunya shalat istikharah juga dapat lebih mendekatkan diri kita dengan Allat SWT sebagai rasa taqarrub kepada-Nya.

Semoga bermanfaat ya...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar