SELAMAT DATANG READERS --- SEMOGA INFORMASI YANG ADA BERMANFAAT

Rabu, 04 April 2012

Suntik Vitamin C itu apakah aman?

Pernahkan terpikir untuk melakukan suntik vitamic C ? Sebab katanya, suntik vitamin C bisa menghindari kita dari berbagai penyakit plus membuat kulit putih bersih, benarkah demikian?

Lazimnya, vitamin ini diberikan secara oral dengan dosis 500 mg sampai 1 gr per hari. Ini untuk melengkapi yang sudah didapat dari makanan. Sedangkan pemberian vitamin C melalui tindakan suntik langsung melalui pembuluh darah menyebabkan vitamin berada dalam aliran darah hingga 100 persen. Sementara pemberian secara oral menyebabkan formulasinya mengalami perombakan, sehingga tidak utuh lagi.

Vitamin C tidak hanya membuat tubuh bugar dan tahan serangan penyakit, tetapi juga membuat kulit sehat dan cantik. Ini karena vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, antioksidan, antiaging, menghambat pembentukan melanin, serta memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang mampu membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan mulus.

Namun, vitamin C tidak diproduksi tubuh sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemennya (tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, cairan, atau serbuk). Dari luar, vitamin C dapat bekerja langsung pada kulit dalam bentuk krim atau serum yang dioleskan.

Nah pilihan yang sedang marak sekarang adalah melalui suntik vitamin C. Yang ini banyak diminati karena dinilai dapat segera memberikan efek bagi tubuh. Meski begitu, tidak semua orang memberikan reaksi yang sama setelah disuntik vitamin C. Jika tubuh tidak mampu menyerap dengan baik vitamin C yang disuntikkan langsung ke pembuluh darah, maka manfaat vitamin C yang didapat pun tidak optimal.

Pada dasarnya, kebutuhan orang dewasa akan vitamin C adalah 60 mg per hari. Berikut ini 5 manfaatnya :

  1. Sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan rokok. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kulit kusam.
  2. Sebagai antiaging (antipenuaan dini), karena vitamin C dapat merangsang pertumbuhan sel fibroblas di kulit bagian dalam, selain memperbanyak produksi kolagen. Dengan demikian, kulit dapat tetap kenyal, kencang, serta terhindar dari kerutan-kerutan wajah sebelum waktunya.
  3. Memberi efek langsung dalam stimulasi pembentukan kolagen pada kulit, sehingga vitamin C dosis tinggi dapat mempercepat penyembuhan luka atau proses setelah tindakan perawatan. Pasien juga merasa lebih segar dan fit (karena vitamin C memperkuat sistem imunitas) dan pada beberapa pasien kulit jadi tampak lebih cerah.
  4. Mengurangi flek-flek akibat penuaan dini pada kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin.
  5. Mampu mencegah timbulnya memar di kulit dengan memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler).
Manfaat vitamin C diatas akan dapat terlihat pada kulit bila kadar vitamin C yang mencapai kulit dalam konsentrasi cukup.

Nah bagaimana jika asupan vitamin C itu kita dapatkan melalui suntikan dengan dosis yang besar pula ?
Berbagai artikel yang berhasil saya googling menjelaskan berbagai versi cerita yang berbeda, walaupun berasal dari dokter dermatologist ataupun ahli farmakologi yang sudah dianggap ahli di bidangnya.

Ada yang membolehkan dan mengatakan bahwa vitamin C dosis besar tidak akan mengendap di ginjal, sedangkan disisi lain mengatakan adanya kekhawatiran akan kerusakan ginjal di kemudian hari.  Nah sekarang tinggal kita secara bijak dalam menentukan hidup kita, karena hidup adalah pilihan.

Kalau menurut pandangan saya sebagai seorang Apoteker, lebih menyarankan agar tidak melakukan suntik vitamin C tersebut, karena berbagai hal yang dapat ditimbulkan seperti

1.      Banyaknya produk vitamin C + kolagen yang beredar di pasaran adalah produk palsu.

 
2.      Pemakaian vitamin C secara parentral dalam dosis yang besar benar-benar akan memberatkan kerja ginjal. Sama halnya dengan manusia, kerja yang terlalu berat dalam jangka waktu yang lama ujung-ujungnya akan menyebabkan sakit. Nah begitu juga dengan ginjal.

Namun jika teman-teman semua masih bersikekeh untuk suntik vitamin C maka hal yang patut dilakukan adalah
1.      Pastikan bahwa produk tersebut adalah produk vitamin C yang asli, bukan abal-abal.
2.     Banyak-banyaklah minum air putih untuk menunjang kerja ginjal.  Yaitu mencegah timbulnya batu ginjal seperti Oksalat. Dikutip dari http://www.indofarma.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=20&Itemid=125

Asam oksalat di dalam tubuh berasal dari metabolisme asam amino dan asam askorbat (vitamin C). Asam askorbat merupakan prekursor oksalat yang cukup besar, sejumlah 30% - 50% dikeluarkan sebagai oksalat urine. Manusia tidak dapat melakukan metabolisme oksalat, sehingga dikeluarkan melalui ginjal. Jika terjadi gangguan fungsi ginjal dan asupan oksalat berlebih di tubuh (misalkan banyak mengkonsumsi nenas), maka terjadi akumulasi okalat yang memicu terbentuknya batu oksalat di ginjal/kandung kemih.

  
Data lain juga didapatkan dari jurnal U.S. Departement of Health and Human Services, 2009. dimana dijelaskan bahwa vitamin C dapat membantu pembentukan asam oksalatyang merupakan batu ginjal, sehingga dosis maksimaluntuk penderita gangguan ginjal dibatasi 500mg sehari.




Nah khusus buat teman-teman yang memilih jalur aman ada beberapa langkah untuk tetap cantik dari saya 
  1. Gunakan tabir surya setiap akan keluar rumah disamping krim pemutih “yang bebas merkuri”.  Karena sekarang banyak krim pemutih yang beredar mengandung merkuri yang bisa menyebabkan kanker kulit.  Lebih baik putih bertahap tetapi tetap aman kan.
  2. Olahraga dan makan teratur serta berimbang. Salah satu perawatan alami yang penting adalah dengan memakan buah yang banyak mengandung vitamin C ditambah sayur dan kacang-kacangan agar kulit tetap elastis. 
  3. Gunakan kosmetik sesuai dengan kondisikulit kita, apakah normal, berminya atau kering.
  4. Dan yang penting lagi untuk diketahui, hindari berkontak langsung tanpa perlindungan dengan sinar matahari pada jam  10.00 hingga pukul 16.00 karena ultra violet (matahari) pada jam tersebut dapat merusak kulit karena itu tetap gunakan tabir surya agar terlindung dari matahari.

3 komentar:

  1. tx infonya sangaat bermanfaat to saya yg tiap bulan suntik vit.c

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau km Pakd Merk apa ya say?

      Hapus
    2. Kalo boleh tau km Pakd Merk apa ya say?


      Hapus