SELAMAT DATANG READERS --- SEMOGA INFORMASI YANG ADA BERMANFAAT

Jumat, 06 April 2012

Masih muda sudah mulai beruban,.. kenali penyebabnya

Uban memang identik dengan gejala penuaan,namun di zaman sekarang ini anak ABG pun sudah banyak yang beruban. Nah loh ?!?
Bahkan itu uban pede-pedenya pula menjulur keluar dari koloni rambut hitamnya. Bila si uban belum terlalu banyak mungkin tidak jadi masalah, bagaimana kalau sudah menyebar dan terlihat jelas? mungkin harus dilakukan tindakan penanganannya, seperti mewarnai rambut dengan cat khusus rambut atau dengan menggunakan innai yang berbahan alami.

 Sebelum mengetahui langkah mengatasi timbulnya uban, kita harus tahu dulu dong apa penyebab uban itu, nah dibawah ini beberapa diantaranya :

  1. USIA. Faktor ini memang takdir, fitranya manusia dan tidak bisa ditolak. 
  2. GENETIK. Faktor ini sama dengan usia, tidak bisa dirubah karena didapatkan dari orang tua dan sudah ada didesain dasar tubuh kita.  Nah kalau orangtua kita mulai menunjukan adanya uban di rentang usia misalnya 30 tahun, makan kita mungkinakan mendapatkan uban di usia yang lebih cepat dari itu.  Dan, orang yang rambutnya hitam legam cenderung lebih cepat beruban daripada yang warna rambutnya kecoklatan atau pirang.
  3. MEROKOK. Beberapa studi observasi dalam skala kecil menemukan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban.. Penyebabnya kemungkinan adalah radikal bebas yang diproduksi ketika seseorang merokok. Seperti kita tahu, asap rokok juga bisa menyebabkan tumbuhnya keriput dan gigi yang menguning. 
  4. STRES. Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin tidak mempengaruhi warna rambut kita, tetapi rasa gelisah dan tegang yang sangat kuat bisa menyebabkannya, walaupun belum ada penjelasan lebih lanjut secara ilmiah dari hal ini. 
  5. KONDISI MEDIS. Faktor ini bisa dibilang jarang, karena uban oleh faktor ini disebabkan karena adanya pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker yang dapat mempengaruhi mekanisme pembuatan pigmen.

Cara untuk mengurangi timbulnya uban adalah :
  • Hindari faktor resiko yang masih dapat dicegah seperti merokok, strees dan juga jaga kondisi tubuh agar tetap sehat.
  • Perbaiki kondisi dan nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Konsumsilah zat besi, kalsium serta vitamin B lengkap untuk menunjang kesuburan dan keindahan rambut. Makanlah sayur-sayuran hijau, merah dan kuning sebab sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang membuat rambut semakin sehat bernutrisi serta kuat dari ancaman kerapuhan dan pengurangan pigmen.
  • Hindari mewarnai rambut berkali-kali. Pigmen rambut akan mengalami kematian yang disebabkan bahan kimiawi yang dikandung produk pewarna rambut. Seandainya anda ingin mewarnainya, pilihlah bahan yang alami semisal henna, pacar merah atau kemiri.
  • Tambah mineral yang esensial bagi rambut, semisal zinc, zat besi dan cooper yang banya terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian dan sea food. Jangan lupakan protein nabati yang menjaga tekstur rambut tetap halus dan bersinar. Protein nabati ini bisa didapat pada kacang-kacangan semisal almond dan kedelai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar