SELAMAT DATANG DI BLOG MEANNO SEMOGA INFORMASI YANG ADA BERMANFAAT BAGI REKAN-REKAN ---- HARAP DIBERI KOMENTAR DAN MASUKAN BESERTA MENGISI BUKU TAMU ---- TERIMA KASIH

Selasa, 17 April 2012

Penyakit apakah Schizophrenia itu ?

Kebetulan pas lagi jalan nih di persimpangan deket pos polisi di kota Padang, ternyata berpapasan sama seorang pemuda yang mengingatkan saya sama masa lalu hampir satu tahun yang lalu, bukan karena apa-apanya, tapi setidaknya mereka ada memegang peranan sampai saya meraih gelar M.Farm.  Pemuda tersebut menderita suatu penyakit yang bernama “Schizophrenia”, dimana Schizophrenia ini menjadi judul dalam Tesis saya tahun 2011 yang lalu.
Teman-teman pernah dengar atau tidak istilah Schizophrenia ? saya rasa masih banyak yang belum tau yah apa itu Schizophrenia.  Bagaimana kalau istilahnya diganti “gila”, pasti teman-teman tau penyakit apa itu.  Nah Schizophrenia itu ya sama dengan “gila” yang biasa diucapkan oleh orang awam, namun istilah “gila” ini saya rasa terlalu kasar dan alangkah jauh lebih baik menggunakan istilah Schizophrenia saja.
Nah disini saya ingin mengenalkan sekilas mengenai penyakit Schizophrenia.


Schizophrenia merupakan suatu gangguan fungsi otak gangguan mental yang dikarakterisasikan dengan hilangnya kontak dengan kenyataan dan ditandai dengan halusinasi  dan delusi.




  • Halusinasi, gangguan persepsi yang membuat pasien schizophrenia dapat melihat sesuatu atau mendengar suara yang tidak ada sumbernya. Halusinasi yang sering terdapat pada pasien adalah halusinasi auditorik (pendengaran). Terkadang juga terdapat halusinasi penglihatan dan halusinasi perabaan. 
  •  Delusi, Suatu keyakinan yang salah yang tidak sesuai dengan latar belakang sosial budaya serta pendidikan pasien, namun dipertahankan oleh pasien dan tidak dapat ditangguhkan atau keadaan dimana pasien meyakini terjadinya sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi.  Misalnya hal sederhana saja, si pasien biasanya merasa menjadi seorang jutawan.  sedikit berbagi pengalaman waktu penelitian nih di RSJ, si pasien ngomong sama saya, pasien bilang "buk, tolong keluarkan saya dari sini segera buk, saya bayar berapa yang ibu minta, bahkan lebih besar dari gaji ibu sekarang", saya jawab "maaf buk saya gk bisa", pasien balas"tolong lah buk saya ada rapat sebentar lagi buk", dalam hati saya bergumam, si pasien merasa jadi anggota DPR kali yah, parahnya lagi pake acara suap menyuap segala, ckckck.

Seperti gambar di atas, salah satu ciri-ciri pasien Schizophrenia ini adalah emosi yang sangat-sangat tidak stabil, dia bisa saja marah-marah tanpa sebab dan juga menangis tanpa sebab.
  
Jumlah Penderita
Berdasarkan data dari National Institute of Mental Health, kejadian schizophrenia di Amerika prevalensinya sekitar 1% (US.Departemen of Human Services, 2009),  hal yang sama ditujukan untuk prevalensi di dunia. 
Berdasarkan survei tentang gangguan jiwa di Indonesia tahun 1995 tercatat sebanyak 44,6 per 1000 penduduk Indonesia menderita gangguan jiwa berat seperti schizophrenia. Data ini memperlihatkan peningkatan yang cukup bermakna jika dibandingkan data tahun 1980-an dimana penderita Schizophrenia di Indonesia hanya 1-2 tiap 1000 penduduk. 
Penyebab Schizoprenia
1.         Keturunan
Schizophrenia diketahui merupakan penyakit genetik, walaupun identifikasi penyakit ini secara genetik sulit untuk dibuktikan.  Seseorang mempunyai kecenderungan  Schizophrenia  bila mempunyai keluarga seorang pasien Schizophrenia. Jika kedua orang tua menderita Schizophrenia, prevalensi anaknya menderita Schizophrenia adalah 40%.
Berdasarkan penelitian saya selama 3 bulan di RSJ, didapatkan hasil seperti gambar dibawah ini.  Bahwa 76,62 % penyebab Schizophrenia itu gabungan dari ada yang tidak diketahui penyebabnya, trauma di masa kecil (benturan keras), kecelakaan, kosumsi narkoba, stress karena masalah cinta, ekonomi, dll, nah hanya 23,38 % yang teridentifikasi karena faktor keturunan.  Dari 23,38 % tersebut bisa dilihat persentase keturunannya bisa dari ayah, ibu, saudara ayah dan ibu, saudara si pasien, dan keturunan dari kakek atau nenek dari pihak ayah dan ibu.

2.         Model Diatesis Stres
Suatu model untuk integrasi faktor biologis, faktor psikososial dan lingkungan adalah model diatesis stres. Model ini mendalilkan bahwa seseorang mungkin memiliki suatu kerentanan spesifik (diatesis) yang jika dikenai oleh suatu pengaruh lingkungan yang menimbulkan stres, memungkinkan perkembangan gejala Schizophrenia. Pada model diatesis stres yang paling umum  dimana stres dapat terjadi karena biologis atau lingkungan atau keduanya.  Komponen lingkungan dapat biologis (sebagai contohnya, infeksi) atau psikologis (sebagai contohnya situasi keluarga yang penuh ketegangan atau kematian teman dekat).  Dasar biologis untuk suatu diatesis dibentuk lebih lanjut oleh pengaruh seperti penyalahgunaan zat seperti Narkoba, stres psikologis, dan trauma.
3.         Faktor Biologis
Penyebab  Schizophrenia  tidak diketahui, tetapi dalam dekade yang lalu semakin banyak penelitian telah melibatkan peranan patofisiologi untuk daerah tertentu di otak, termasuk sistem limbik, kortek frontalis, dan ganglia basalis. Ketiga daerah tersebut saling berhubungan sehingga disfungsi pada salah satu daerah tersebut mungkin melibatkan patologi primer di daerah lainnya. 
4.         Peningkatan dopamin 
Teori dopamin mengatakan bahwa Schizophrenia  disebabkan oleh hiperaktivitas dopamin di bagian limbik otak. Ada juga yang menjelaskan bahwa obat yang meningkatkan  kadar dopamin (contohnya, cocain dan amfetamin) meningkatkan gejala psikotik atau gejala Schizophrenia tersebut, yaitu Halusinasi dan Delusi.
Terapi
Ada 2 golongan obat untuk terapi Schizophrenia ini, yaitu :

1.    Golongan Antipsikotik generasi pertama
·    derivat fenotiazin : klorpromazin, levopromazin dan triflupromazin -thioridazin dan periciazin - perfenazin dan flufenazin - perazin, triofluoperazin, proklorperazin dan thietilperazin.
·      derivat thioxanten : klorprotixen dan zuklopentixol.
·      derivat butirofenon : haloperidol, bromperidol, pipamperon dan droperidol.
·      derivat butilpiperidin : pimozida, fluspirilen, dan penfluridol.
2.    Golongan Antipsikotik generasi kedua
Obat-obat atipikal ini aripripazol, clozapin, olanzapin, quetiapin, risperidon, ziprasidon.
Dimana obat generasi ke-2 ini lebih efektif dan lebih sedikit ES yang ditimbulkannya.  Ini beberapa contoh obat yang digunakan di RSJ tempat saya melakukan penelitian, namun obat-obatan dibawah ini gabungan dari antipsikotik itu sendiri ditambah antiasietas dan antidepresant.
 

Sekian selintas mengenai Schizophrenia, setidaknya bisa menambah wawasan teman-teman.

Sabtu, 14 April 2012

Sejuta Khasiat Kulit Manggis


Wah wah walaupun baru tahu mengenai khasiat kulit manggis ini, tapi tidak ada kata terlambat dalam belajar... Nah mulai sekarang disaat teman-teman mengkonsumsi manggis jangan dibuang dulu kulitnya,karena banyaaaaaaaaaak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari "sampah" yang biasa kita buang tersebut,.. berikut ini diantaranya :




  1. Kanker Mata (Retinoblastoma),   biasanya penyakit ini muncul tanpa adanya gejala, pasien baru datang berobat bila sudah muncul titik putih dibagian hitam mata.  Disaat gelap, maka titik putih tadi akan tampak seperti berkilau.  Pada saat tersebut kanker sudah stadium lanjut loh, dan untuk mengatasinya yaitu dengan jalan operasi.  
  2. Kanker Payudara, untuk tumor pada payudara, kulit manggis berperan menghambat pertumbuhan sel tumor, sehingga tidak berkembang menjadi kanker.  Untuk kanker stadium lanjut pasien harus segera dioperasi dan disini kulit maggis berperan mempercepat penyembuhan luka dan menghambat pertumbuhan sel kanker yang kemungkinan masih tersisa.
  3. Kanker Serviks dan kista, kulit manggis ini dapat meluruhkan kista yang ada dirahim sehingga keluar dari tubuh.  Namun jangan digunakan bagi wanita hamil.
  4. Penyakit Jantung, Insomnia, Dermatitis, Diabetes Mellitus,Anti radang dan baik untuk kesehatan kulit.





Mengapa kulit manggis bisa berefek Farmakologis bagi tubuh ? 
walaupun belum ada penelitian khusus dengan uji secara klinis, namun banyak efek yang dihasilakan kulit maggis ini diduga karena
   Superantioksidan

berdasarkan hasil penelitian Fakultas Farmasi UGM, kulit manggis tersebut mengandung
  • Alfamangosin
  • Garcinone-E
Kedua senyawa tersebut memiliki aktivitas Sitotoksik dengan menghambat proliferasi (perbanyakan) sel kanker, dengan cara mengaktivasi enzim kaspase 3 & 9 yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker. Sebenarnya kulit manggis ini mengandung 50 jenis senyawa Xanthone yang merupakan bioflavonoid yangbersifat antioksidan, antibakteri, antialergi,antitumor dan antiradang. Nah sekarang ini kulit manggis telah banyak diresepkan oleh beberapa orang dokter herbal di Indonesia.

Bagaimana dengan Dosis nya? 
sekarang telah banyak beredar olahan kulit manggis, mulai dari jus, kapsul dan serbuknya,..bahkan untuk memvariasikan olahan agar tidak bosan, olahan kulit manggis ini dapat dibuat puding.
  1. Serbuk, sebaiknya 1 sendok teh/ hari.
  2. Kapsul, 3x sehari, masing-masing 2 kapsul.
  3. Jus, untuk konsumsi dalam bentuk ini maka caranya kulit terluar dibuang dan kemudian dihaluskan daging buahnya. 
  4. Puding, 2 kulit manggis perhari.
Nah mulai sekarang, ayooo kalo kebetulan mengkonsumsi manggis di rumah, jangan dibuang kulitnya, selain buahnya yang segar, kulitnya dapat kita olah menjadi jus atau puding yang enak, selain enak juga sehat !!! 

Nah pengunaan manggis ini dapat pula dikombinasi dengan beberapa herbal untuk menghasilkan efek yang lebih optimal :
  1. Sambiloto, memperbaiki kerja ginjal sehingga  membantu meluruhkan endapan batu ginjal. 
  2. Tempuyung, memperlancar berkemih.
  3. Kejibeling, bersifat diuretik yang dapat memperbaiki kerja ginjal.
  4. Kumis kucing, memperlancar berkemih sehingga membantu memperbaiki fungsi ginjal.
  5. Alang-alangsebagai anti nyeri dan diuretik.
  6. Lengkuas, membantu kerja lambung.
  7. Temulawak, mencegah naiknya asam lambung sehingga penderita merasakan begah maupun perih lambung.
  8. Madu, meningkatkan stamina dan mengatasi rasa mual. 
  9. Gula aren, membantu kerja lambung dan hati.
  10. Daruju, bersifat hepatoprotektor yang dapat menguatkan hati.
  11. Daun salam, menurunkan kadar gula dan tekanan darah.
  12. Daun sembung, memperbaiki kerja jantung dan saraf penyebab sakit kepala.
  13. Daun Dewa, memperlancar aliran darah.
  14. Kunyit putih, mencegah peradangan dan menghancurkan tumor,.. dan dapat juga digunakan untuk memperlancar haid, sehingga mengurangi rasa nyeri.  
  15. Kacang hijau, menetralisir racun di beberapa organ seperti hati, empedu,limfa dan ginjal.
  16. Kencur sebagai anti radang. 
So sekidit perhatian bagi yang punya sakit maag, harap bila mengkonsumsi kulit manggis tersebut dikombinasi dengan temulawak dan kunyit agar tidak terjadi peningkatan asam di lambung !!! 


Senin, 09 April 2012

Tanda hamil Bayi Laki-laki

Buat yang lagi hamil dan kebetulan  belum tau apa jenis kelamin si jabang bayi,.. bisa menebak-nebak nih dari tanda-tanda dibawah ini, kebetulan pas OL di warnet :( , nemu artikel ini, disimpan di blog dech,.. sapa tau berguna buat gue dimasa depan :) ,.. hopely usefull ya info ini

Mual dan morning sickness Banyak orang bilang jika kita sedang mengandung bayi perempuan, maka rasa mual jarang dirasakan. Namun, jika sedang mengandung bayi laki-laki, maka biasanya bakal sering muntah tuh bahkan hingga berember-ember. Morning sickness lebih sering dirasakan pada trimester pertama dan kebanyakan bumil lebih cuek pada penampilan mereka.

Bentuk perut condong ke arah bawah
Tonjolan perut yang mengandung baui laki-laki biasanya berbeda bila kita mengandung bayi perempuan, dimana perut lebih membulat.  Beberapa orang juga mengatakan bahwa wanita yang hamil bayi laki-laki, jika dilihat dari belakang malah terlihat seperti tidak sedang hamil.

Berat badan tidak naik
Kenaikan berat badan merupakan hal biasa saat hamil. Saat kita mengandung bayi laki-laki, maka berat badan kita tidak akan mengalami kenaikan terlalu banyak. Proporsi kenaikan ini berasal dari janin.

Muka sayu
Meskipun kita merasa dengan mudah dapat membentuk kembali bentuk tubuh setelah persalinan, namun selama masa kehamilan kita tidak akan berpenampilan 'wah'. Hal itu berbeda dengan penampilan bumil bayi perempuan yang selalu terlihat tampil cantik dan cerah, bumil bayi laki-laki lebih cenderung tampil pucat dan selalu berpenampilan serba cuek serta malas dandan.

Ngidam yang asam-asam
Menginginkan makanan sesuatu merupakan hal normal selama masa kehamilan. Hal ini menjadi cara alami bagi tubuh untuk 'menagih' asupan nutrisi tertentu yang dirasa tubuh membutuhkan asupan tersebut. Janin bayi laki-laki lebih membutuhkan nutrisi dari makanan yang asam-asam.

demikian infonya semoga bermanfaat, dan ciri-ciri tersebut pernah gue lihat sendiri dan bener loh ke lima ciri2nya :)

Jumat, 06 April 2012

Masih muda sudah mulai beruban,.. kenali penyebabnya

Uban memang identik dengan gejala penuaan,namun di zaman sekarang ini anak ABG pun sudah banyak yang beruban. Nah loh ?!?
Bahkan itu uban pede-pedenya pula menjulur keluar dari koloni rambut hitamnya. Bila si uban belum terlalu banyak mungkin tidak jadi masalah, bagaimana kalau sudah menyebar dan terlihat jelas? mungkin harus dilakukan tindakan penanganannya, seperti mewarnai rambut dengan cat khusus rambut atau dengan menggunakan innai yang berbahan alami.

 Sebelum mengetahui langkah mengatasi timbulnya uban, kita harus tahu dulu dong apa penyebab uban itu, nah dibawah ini beberapa diantaranya :

  1. USIA. Faktor ini memang takdir, fitranya manusia dan tidak bisa ditolak. 
  2. GENETIK. Faktor ini sama dengan usia, tidak bisa dirubah karena didapatkan dari orang tua dan sudah ada didesain dasar tubuh kita.  Nah kalau orangtua kita mulai menunjukan adanya uban di rentang usia misalnya 30 tahun, makan kita mungkinakan mendapatkan uban di usia yang lebih cepat dari itu.  Dan, orang yang rambutnya hitam legam cenderung lebih cepat beruban daripada yang warna rambutnya kecoklatan atau pirang.
  3. MEROKOK. Beberapa studi observasi dalam skala kecil menemukan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban.. Penyebabnya kemungkinan adalah radikal bebas yang diproduksi ketika seseorang merokok. Seperti kita tahu, asap rokok juga bisa menyebabkan tumbuhnya keriput dan gigi yang menguning. 
  4. STRES. Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin tidak mempengaruhi warna rambut kita, tetapi rasa gelisah dan tegang yang sangat kuat bisa menyebabkannya, walaupun belum ada penjelasan lebih lanjut secara ilmiah dari hal ini. 
  5. KONDISI MEDIS. Faktor ini bisa dibilang jarang, karena uban oleh faktor ini disebabkan karena adanya pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker yang dapat mempengaruhi mekanisme pembuatan pigmen.

Cara untuk mengurangi timbulnya uban adalah :
  • Hindari faktor resiko yang masih dapat dicegah seperti merokok, strees dan juga jaga kondisi tubuh agar tetap sehat.
  • Perbaiki kondisi dan nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Konsumsilah zat besi, kalsium serta vitamin B lengkap untuk menunjang kesuburan dan keindahan rambut. Makanlah sayur-sayuran hijau, merah dan kuning sebab sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang membuat rambut semakin sehat bernutrisi serta kuat dari ancaman kerapuhan dan pengurangan pigmen.
  • Hindari mewarnai rambut berkali-kali. Pigmen rambut akan mengalami kematian yang disebabkan bahan kimiawi yang dikandung produk pewarna rambut. Seandainya anda ingin mewarnainya, pilihlah bahan yang alami semisal henna, pacar merah atau kemiri.
  • Tambah mineral yang esensial bagi rambut, semisal zinc, zat besi dan cooper yang banya terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian dan sea food. Jangan lupakan protein nabati yang menjaga tekstur rambut tetap halus dan bersinar. Protein nabati ini bisa didapat pada kacang-kacangan semisal almond dan kedelai.

Lidah pahit, kembung dan sering kentut? Gejala Maag !!!

Mungkin hampir setiap orang pernah merasakan sakit maag,.. hayoo hati-hati dengan gejalanya, gejala yang khas bukan saja nyeri di ulu hati,.. yuk baca yang dibawah ini

Maag merupakan gejala penyakit akibat faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung. 

Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur sehingga terjadi produksi asam lambung yang berlebihan, terdapat mikroorganisme yang merugikan (Helycobacter pylori), mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya misalnya beban pikiran yang berat, kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Gejala Maag
Rasa perih pada lambung/pada ulu hati merupakan hal yang sering disebut sebagai sakit maag. Faktanya, gejala sakit maag tersebut tidak harus terasa perih dulu. Rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang dibarengi dengan mual atau kembung dan sering sendawa atau cepat merasa kenyang juga merupakan gejala sakit mag.
Sakit maag biasa disebut dyspepsia yaitu gejala-gejala kelebihan asam lambung. Saat tingkat asam lambung meningkat, maka lambung akan mengalami gejala kembung dan sendawa. Gejala yang terjadi karena essensi dari sakit maag ini adalah adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan menghasilkan gelembung-gelembung gas di dalam lambung sehingga seseorang merasakan kembung.  Selanjutnya hasil akhir dari kembung adalah pengeluran gas dari anus kita yang biasa disebut dengan "kentut" atau bahasa ilmiahnya Flatus.
Rasa penuh pada perut juga merupakan gejala sakit maag yang sering kali tidak disadari. Hal ini bisa dirasakan pada saat sebelum maupun sesudah makan. Penyebabnya juga asam lambung yang berlebihan.

Nah selain gejala diatas ada gejala lain yang bahkan kita sendiri tidak menyadarinya yaitu rasa pahit yang dirasakan di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.

Dengan demikian, bila kita adanya seperti yang disebutkan diatas bisa jadi kita mengalami sakit maag.  Jadi mulailah untuk menjaga pola makan dengan teratur dan menghindari faktor pencetus terjadinya sakit maag merupakan hal yang sangat penting untuk dicegah.

Hindari makanan & minuman :
  1. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda). 
  2. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu. 
  3. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju. 
  4. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang. 
  5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, makanan tinggi lemak, gorengan.  Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Mengatasi Sendawa Kembung, dan Flatus
Untuk  mengatasi peningkatan gas dalam saluran cerna tergantung dari penyebabnya. Jika peningkatan gas disebabkan oleh sakit maag maka penyakitnya sendiri harus diatasi dulu. Pemberian obat sakit maag seperti obat yang banyak dijual dipasaran yang mengandung ranitidin, simeticone juga mampu mengatasi gas.
Memilih meminum yoghurt dibanding susu karena kandungan laktosa di dalam yoghurt sebagian dapat dicerna oleh bakteri sehingga mengasilkan gas yang lebih sedikit.

Gas yang diakibatkan aktivitas bakteri yang berlebihan biasanya diterapi dengan pemberian antibiotik. Namun terapi ini kurang efektif dan bersifat sementara.
 

Rabu, 04 April 2012

Kencing Manis

Diabetes Mellitus
berasal dari 2 kata
  • Diabetes dari Diabainein (Yunani),artinya tembus/ pancuran air
  • Mellitus (Latin), artinya rasa manis
Jadi Diabetes Mellitus adalah tembus rasa manis/ pancuran air rasa manis.Hal ini disebabkan karena penderita DM akan ditemukan glukosa dalam urinnya, sehingga urin menjadi manis sehingga sering kita sebut DM dengan istilah Kencing Manis.

Secara teori DM adalah suatu gangguan metabolisme yang ditandai dengan Hiperglikemia yang disebabkan oleh defisiensi fungsi insulin, defisiensi ini bisa dikarenakan
  1. Pankreas tidak memproduksi insulin.
  2. Pankreas memproduksi insulin dalam jumlah yang tidak mencukupi.
  3. Adanya Resistensi Insulin.
Resistensi insulin adalah suatu keadaan dimana jumlah insulin normal tidak dapat menghasilkan respon yang seharusnya dihasilkan oleh insulin normal.  Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti adanya infeksi,obesitas dan efek samping obat seperti HCT (diuretik tiazid) dan deksametason (kortikosteroid).



1. Exocrin pankreas
  • merupakan 98 % dari total massa pankreas.
  • sekresi ekstern yang memproduksi enzim Pankreatin yang disalurkan ke duodenum.
  • Pankreatin ini berfungsi untuk membantu pencernaan KH, protein dan lemak.
2. Islet Of Langerhans
  • merupakan kumpulan sel yang mengisi massa pankreas 2 %.
  • sekresi intern, yakni hormon peptida yang disalurkan langsung ke dalam darah.
Selanjutnya Islet Of Langerhans atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan Pulau Langerhans terdiri dari 4 jenis sel yaitu seperti gambar dibawah ini.

































  1. Beta, sel ini akan aktif bila adanya asupan makan di tubuh kita. Sel ini akan mensekresikan Insulin dan C-peptida dalam jumlah yang sama.
  2. Alfa, sel ini akan aktif bila tidak ada asupan makanan di tubuh kita.  Selini akan mensekresikan glukagon, yang berfungsi untuk melakukan proses Glikogenolisis.
  3. Delta, sel ini akan mensekresikan hormon somatostatin yang berfungsi menginhibisi sel beta dan alfa untuk mensekrsikan hormonnya.
  4. Pp (dibaca pipi sel), selini akan mensekresikan hormon polipeptida yang berfungsi menginhibisi hormon  endokrin dan empedu.

Epidemiologi
Menurut data WHO, jumlahpenderita DM diseluruh dunia 2000 sebanyak 117 juta, sedangkan pada tahun 2030 diperkirakan 366 juta.  Untuk Indonesia sendiri menempati peringkat ke-4.
  1. India
  2. China
  3. USA
  4. INA , dengan penderita 1,5-2,5 %.
Klasifikasi Diabetes Mellitus


1. DM Tipe 1
  • disebut juga dengan IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus).
  • penderitanya biasa anak-anak/ remaja sehingga disebut Juvenille DM, biasanya di Indonesia biasa ditemukan pada usia 10-15tahun.
  • karena destruksi sel beta sehingga insulin tidak dapat dihasilkan.
  • DM tipe 1 ini tidak dapat dicegah baik dengan diet / olaharaga.
  • Sensitivitas sel terhadap insulin masih normal pada penderita DM tipe 1.
  • 10 % dari total penderita DM mengidap DM tipe 1 ini.
2. DM Tipe 2
  • disebut juga dengan NIDDM (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus)
  • penderitanya biasanya dewasa > 40 tahun.
  • penyebabnya karena kegagalan produksi insulin di sel beta atau karena terjadinya resistensi insulin.
  • 90% dari penderita DM mengidap DM tipe 2 ini. 
Gejala Klinis
Gejala klinis DM umumya timbul perlahan, sehingga pasien tidak menyadari akan adanya perubahan dari tubuhnya.
Sama halnya dengan hipertensi, karena gambaran klinis yangtidak jelas, sehingga DM baru ditemukan pada saat pemeriksaan penyaring atau pemeriksaan penyakit lain.  Dimana gejala diabetes adalah
  1. Polidipsia (banyak minum)
  2. Poliuria (banyak urin)
  3. Polifagia (banyak makan)
Diagnosa
untuk mendiagnosa seseorang merupakan penderita DM,maka harus ada 3 hal sbb :
  1. Adanya gejala yang khas (gejala DM seperti diatas)
  2. Adanya Glukosuria (pemeriksaan urin apakah ada glukosa dalam urinya atau tidak)
  3. Adanya pemeriksaan Gula Darah.
 seperti tabel dibawah ini (satuan mg/dl)

Terapi
ada 2 jenis terapi yang dapat dilakukan
1. Terapi tanpa obat (TTO)/ Terapi Non Farmakologi
  • Diet, degan menjaga asupan makanan yang pas, yaitu KH (60-70%), protein (10-15%) dan lemak (20-25%).
  • Olah raga, seperti jogging dan berenang.
2. Terapi dengan obat (TDO)/ Terapi Farmakologi
  • Insulin
  • ADO (Anti Diabetik Oral)
Insulin
  • Terapi wajib untuk penderita DM Tipe 1
  • 30 % digunakan untuk DM Tipe 2, jika ADO tidak memberikan efek.
  • Digunakan melalui injeksi tidak oral, karena akan dirusakoleh asam lambung.




 Penggolongan insulin ada 5 macam
  1. Kerja cepat (onset 1/2 jam,lama kerja 8 jam, contohnya Actrapid)
  2. Kerja sedang (onsetnya 1 1/2 jam, lama kerja 24 jam)
  3. Kerja sedang dengan onset cepat (onset 1/2 jam, lama kerja 24 jam, contohnya Insulatard, Monotard).
  4. Kerja lama (onset 4-6 jam, lama kerja 24-36 jam)
  5. Campuran (onset 1/2 jam, lama kerja 14-16 jam, contohnya Humulin, Mustard)
Anti Diabetik Oral


Suntik Vitamin C itu apakah aman?

Pernahkan terpikir untuk melakukan suntik vitamic C ? Sebab katanya, suntik vitamin C bisa menghindari kita dari berbagai penyakit plus membuat kulit putih bersih, benarkah demikian?

Lazimnya, vitamin ini diberikan secara oral dengan dosis 500 mg sampai 1 gr per hari. Ini untuk melengkapi yang sudah didapat dari makanan. Sedangkan pemberian vitamin C melalui tindakan suntik langsung melalui pembuluh darah menyebabkan vitamin berada dalam aliran darah hingga 100 persen. Sementara pemberian secara oral menyebabkan formulasinya mengalami perombakan, sehingga tidak utuh lagi.

Vitamin C tidak hanya membuat tubuh bugar dan tahan serangan penyakit, tetapi juga membuat kulit sehat dan cantik. Ini karena vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, antioksidan, antiaging, menghambat pembentukan melanin, serta memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang mampu membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan mulus.

Namun, vitamin C tidak diproduksi tubuh sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemennya (tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, cairan, atau serbuk). Dari luar, vitamin C dapat bekerja langsung pada kulit dalam bentuk krim atau serum yang dioleskan.

Nah pilihan yang sedang marak sekarang adalah melalui suntik vitamin C. Yang ini banyak diminati karena dinilai dapat segera memberikan efek bagi tubuh. Meski begitu, tidak semua orang memberikan reaksi yang sama setelah disuntik vitamin C. Jika tubuh tidak mampu menyerap dengan baik vitamin C yang disuntikkan langsung ke pembuluh darah, maka manfaat vitamin C yang didapat pun tidak optimal.

Pada dasarnya, kebutuhan orang dewasa akan vitamin C adalah 60 mg per hari. Berikut ini 5 manfaatnya :

  1. Sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan rokok. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kulit kusam.
  2. Sebagai antiaging (antipenuaan dini), karena vitamin C dapat merangsang pertumbuhan sel fibroblas di kulit bagian dalam, selain memperbanyak produksi kolagen. Dengan demikian, kulit dapat tetap kenyal, kencang, serta terhindar dari kerutan-kerutan wajah sebelum waktunya.
  3. Memberi efek langsung dalam stimulasi pembentukan kolagen pada kulit, sehingga vitamin C dosis tinggi dapat mempercepat penyembuhan luka atau proses setelah tindakan perawatan. Pasien juga merasa lebih segar dan fit (karena vitamin C memperkuat sistem imunitas) dan pada beberapa pasien kulit jadi tampak lebih cerah.
  4. Mengurangi flek-flek akibat penuaan dini pada kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin.
  5. Mampu mencegah timbulnya memar di kulit dengan memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler).
Manfaat vitamin C diatas akan dapat terlihat pada kulit bila kadar vitamin C yang mencapai kulit dalam konsentrasi cukup.

Nah bagaimana jika asupan vitamin C itu kita dapatkan melalui suntikan dengan dosis yang besar pula ?
Berbagai artikel yang berhasil saya googling menjelaskan berbagai versi cerita yang berbeda, walaupun berasal dari dokter dermatologist ataupun ahli farmakologi yang sudah dianggap ahli di bidangnya.

Ada yang membolehkan dan mengatakan bahwa vitamin C dosis besar tidak akan mengendap di ginjal, sedangkan disisi lain mengatakan adanya kekhawatiran akan kerusakan ginjal di kemudian hari.  Nah sekarang tinggal kita secara bijak dalam menentukan hidup kita, karena hidup adalah pilihan.

Kalau menurut pandangan saya sebagai seorang Apoteker, lebih menyarankan agar tidak melakukan suntik vitamin C tersebut, karena berbagai hal yang dapat ditimbulkan seperti

1.      Banyaknya produk vitamin C + kolagen yang beredar di pasaran adalah produk palsu.

 
2.      Pemakaian vitamin C secara parentral dalam dosis yang besar benar-benar akan memberatkan kerja ginjal. Sama halnya dengan manusia, kerja yang terlalu berat dalam jangka waktu yang lama ujung-ujungnya akan menyebabkan sakit. Nah begitu juga dengan ginjal.

Namun jika teman-teman semua masih bersikekeh untuk suntik vitamin C maka hal yang patut dilakukan adalah
1.      Pastikan bahwa produk tersebut adalah produk vitamin C yang asli, bukan abal-abal.
2.     Banyak-banyaklah minum air putih untuk menunjang kerja ginjal.  Yaitu mencegah timbulnya batu ginjal seperti Oksalat. Dikutip dari http://www.indofarma.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=20&Itemid=125

Asam oksalat di dalam tubuh berasal dari metabolisme asam amino dan asam askorbat (vitamin C). Asam askorbat merupakan prekursor oksalat yang cukup besar, sejumlah 30% - 50% dikeluarkan sebagai oksalat urine. Manusia tidak dapat melakukan metabolisme oksalat, sehingga dikeluarkan melalui ginjal. Jika terjadi gangguan fungsi ginjal dan asupan oksalat berlebih di tubuh (misalkan banyak mengkonsumsi nenas), maka terjadi akumulasi okalat yang memicu terbentuknya batu oksalat di ginjal/kandung kemih.

  
Data lain juga didapatkan dari jurnal U.S. Departement of Health and Human Services, 2009. dimana dijelaskan bahwa vitamin C dapat membantu pembentukan asam oksalatyang merupakan batu ginjal, sehingga dosis maksimaluntuk penderita gangguan ginjal dibatasi 500mg sehari.




Nah khusus buat teman-teman yang memilih jalur aman ada beberapa langkah untuk tetap cantik dari saya 
  1. Gunakan tabir surya setiap akan keluar rumah disamping krim pemutih “yang bebas merkuri”.  Karena sekarang banyak krim pemutih yang beredar mengandung merkuri yang bisa menyebabkan kanker kulit.  Lebih baik putih bertahap tetapi tetap aman kan.
  2. Olahraga dan makan teratur serta berimbang. Salah satu perawatan alami yang penting adalah dengan memakan buah yang banyak mengandung vitamin C ditambah sayur dan kacang-kacangan agar kulit tetap elastis. 
  3. Gunakan kosmetik sesuai dengan kondisikulit kita, apakah normal, berminya atau kering.
  4. Dan yang penting lagi untuk diketahui, hindari berkontak langsung tanpa perlindungan dengan sinar matahari pada jam  10.00 hingga pukul 16.00 karena ultra violet (matahari) pada jam tersebut dapat merusak kulit karena itu tetap gunakan tabir surya agar terlindung dari matahari.